Senam ini dimulai dengan membaca Do’a bersama yang dipimpin oleh Instruktur Senam Bapak Saripudin dari Dinas Kesehatan.

Senam ini dipandu oleh instruktur senam yang berpengalaman yaitu Bapak Saripudin dari Dinas Kesehatan untuk memicu semangat pegawai BPPPPD Kota Cirebon.

Senam dilaksanakan di hari Jum’at dari pukul 07.00 s/d selesai di Halaman Parkir Kantor BPPPPD Kota Cirebon.

Senam ini diikuti oleh   Kepala BPPPPD Bapak Mohammad Arif Kurniawan, ST &  seluruh pegawai BPPPPD  termasuk siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri.

Senam ini diawali dengan pemanasan dengan beraneka ragam judul lagu diantaranya lagu Goyang Nasi Padang, Jaran Goyang, Senam  Penguin dan diakhiri dengan lagu Dia dari Anji Drive untuk Pendinginan.

Senam Penguin  awalnya merupakan sebuah gerakan senam yang dilakukan oleh siswa di sebuah sekolah dalam kegiatan pramuka kemudian menyebar ke sekolah lainnya dan menjadi tren di kalangan pelajar, semakin meluas hingga akhirnya banyak pula orang dewasa yang tertarik melakukan senam  ini.  Senam ini terbilang unik, karena gerakannya didominasi oleh gaya seperti penguin seperti posisi tangan, langkah kaki dan gerakan berputar.

Tempo gerakannya santai dan tidak menuntut banyak gerakan berat sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa batasan usia.

Manfaat Senam Penguin diantaranya selain sebagai hiburan semata juga dapat menjadi sebuah terapi untuk menenangkan pikiran karena meskipun gerakannya santai tetapi hampir seluruh anggota badan dituntut untuk bergerak sehingga dapat meringankan stress dan membuat tubuh menjadi lebih segar.

One thought on “Ayo Senam, Ayo Sehat ala BPPPPD Kota Cirebon”
  1. Senam adalah sebuah aktifitas luar ruangan yang sehat sekaligus menyenangkan, bahakan pada masa lalu kegiatan ini menjadi kegiatan wajib di sekolah-sekolah dan instansi pemerintah, tentu kita masih ingat senam SKJ yang menjadi legenda di kalangan anak SD 90an. salam dari kami ayosehat.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.