Cirebon, Senin, 18 September 2023, Bappelitbangda Kota Cirebon melaksanakan Rapat Asistensi dan Pendampingan Penulisan dan Penerbitan Buku Ilmiah Bunga Rampai di Ruang Rapat Bappelitbangda Kota Cirebon pada pukul 09.00 WIB.
Acara ini dibuka dan dipandu oleh Bapak Drs. Agus Herdhyana, M.Si selaku Kepala Bappelitbangda Kota Cirebon. Bappelitbangda dalam proses perubahan nomenklatur menjadi Bapperida sudah berkonsultasi dengan Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Kedeputian Bidang Riset dan Inovasi Daerah. Hal ini didukung dengan adanya surat pertimbangan untuk tetap bergabung dengan urusan perencanaan pembangunan, maka dari itu perlu adanya kebijakan publik yang diawali dengan penelitian yang tepat.
Untuk tahun depan para subkoordinator akan berubah sepenuhnya menjadi fungsional perencana ahli muda atau fungsional analis kebijakan ahli muda. Diharapkan hasil penelitian dapat dihimpun menjadi buku. Etika penulisan antara lain menghindari scientific misconduct dan scientific fraud. Banyak buku yang berasal dari hasil-hasil kelitbangan, skripsi, tesis, atau disertasi.
Direktorat Repositori, Multimedia, dan Penerbitan Ilmiah (RMPI) BRIN melalui M. Fadly Suhendra, M.Hum, memberikan pemaparan bahwa : Meningkatkan visibilitas, aksesibilitas, dan produktivitas publikasi nasional dalam bentuk Buku atau Audio Visual yang bermuatan konten pengetahuan lokal. RMPI BRIN sedang berusaha untuk memasukan hasil-hasil publikasi buku ke Directory of Open Access Books, book citation index. Ruang lingkup pengetahun lokal antara lain pelestarian kebudayaan, pelestarian SDA, litbangjirap, dan pemanfaatan. Kekayaan Intelektual Komunal PP No.56 Tahun 2022 : ekspresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, sumber daya genetik, indikasi asal, potensi indikasi geografis. Penerimaan, verifikasi, penilaian, penetapan, pengumuman. Pembaca buku hanya fokus pada pembahasan. Penerbitan ini akan menghasilkan ISBN dan DOI. Keuntungan buku ilmiah akses terbuka: visibilitas, transparansi, aksesibilitas, sitasi dan indeksasi, kolaborasi, dan pengaruh terhadap kebijakan.