Bertempat di halaman kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon tepat pada pukul 07.00 WIB dilaksakan senam pagi oleh seluruh Karyawan (baik ASN, Non ASN, Outsourcing) di lingkungan BPPPPD Kota Cirebon.

Kegiatan ini merupakan senam terakhir sebelum bulan Ramadhan 1442 H yang insya Allah jatuh pada tanggal 13 April 2021, dimana instruktur senam adalah Kristin yang merupakan salah satu instruktur yang sering mengisi kegiatan senam pagi di BPPPPD Kota Cirebon. Seluruh peserta dengan antusias menggerakkan anggota badannya mengiringi alunan musik dan gerakan sang instruktur, terkadang diselingi gelak tawa peserta yang enjoy menikmati rutinitas yang berdurasi kurang lebih satu jam tersebut berhasil membuat Pimpinan beserta pegawai BPPPPD Kota Cirebon banjir keringat.

Acara dilanjutkan dengan makan bersama sebagai salah satu bentuk suka cita menyambut Bulan Suci Ramadhan atau orang Sunda biasa menyebut dengan Munggahan. Kepala Pusat Studi Budaya Sunda Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Teddi Muhtadin menjelaskan budaya munggahan berasal dari bahasa Sunda. Ada yang mengartikan ‘sampai ke’ ada juga yang menafsirkan dari kata unggah yang artinya naik. Dia menjelaskan munggahan sudah ada sejak hadirnya Islam di Tatar Sunda. Namun budaya daerah setempat juga mempengaruhi perkembangannya.

Dimulai dengan sambutan oleh Bapak Iing Daiman, S.Ip., M.SI. selaku Kepala BPPPPD Kota Cirebon dimana beliau mengamanatkan agar selalu menjaga kesehatan dibulan Ramadhan tahun ini, karena ini merupakan tahun kedua Indonesia dan seluruh dunia melaksanakan Bulan Ramadhan di masa pandemik Covid-19. Bapak Surakhman, SKM kemudian melanjutkan acara dengan Kultum sekaligus membacakan doa agar acara Munggahan ini berjalan dengan baik dan mendapat ridha dari Allah SWT