Halal Bil Halal

Halal Bil Halal dihadiri oleh Seluruh Pegawai BPPPPD Kota Cirebon pada hari Kamis, 13 Juni 2019 pada Pukul 08.30 WIB di Ruang Rapat Gotra Sawala. Silaturahmi ini dipimpin oleh Kepala & Sekretaris BPPPPD, dengan mengundang Ustad Drs. H. Ahmad Yani, M. Ag sebagai Penceramah.
 
Sambutan dari Kepala Badan BPPPPD
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat Iman, nikmat Islam serta nikmat sehat kepada kita semua. Tak lupa Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan juga para pengikutnya hingga akhir jaman. Dan semoga kita semua senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.
Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh tamu undangan yang bisa menyempatkan hadir di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon dalam rangka mempererat Ukhuwah Islamiyah pada acara Halal Bil Halal.
 
Sambutan dari Ustad Drs. H. Ahmad Yani, M. Ag
Di pagi yang cerah ini, Alhamdulillah kita semua dapat berkumpul melaksanakan halal bil halal semoga amalan kita diterima oleh Allah SWT. Arti dari Taqobbalalloohu minna wa minkum yang artinya: semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian. Sholawat & salam semoga tetap tercurah limpah kepada Rasulullah para sahabat & keluarganya & kepada kita semua. Aamiin
 
Keutamaan Taqabbalallahu Minna wa Minkum
1. Menghidupkan sunnah
 “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“ (HR. Ibnu Majah; shahih lighairihi). Jadi ketika kita mempopulerkan ucapan sekaligus doa ini, lalu orang lain mengamalkannya, insya Allah kita akan mendapatkan pahala seperti pahala mereka tanpa mengurangi sedikitpun pahala mereka.
2. Berpahala
Ucapan ini termasuk kalimat yang baik, menyebut nama Allah, mengagungkan-Nya, berdoa kepada-Nya, mengharap kepada-Nya, mendoakan sesama muslim. Semua ini adalah kebaikan yang mendatangkan pahala. Kalimat ini juga merupakan syiar Islam yang begitu orang mendengar, ia akan ingat Allah dan ingat agama Islam ini. Semua ini juga mendatangkan pahala.
3. Mengikuti sahabat
Mengamalkan ucapan ini termasuk salah satu upaya mengikuti sahabat Nabi radhiyallahu anhum yang pada hakikatnya mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha terhadap mereka dan mereka ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemeangan yang besar.” (QS. At Taubah: 100)
4. Allah akan mengabulkan doa
Allah telah berfirman akan mengabulkan doa hambaNya. Maka ucapan taqabbalallahu minna wa minkum yang merupakan ucapan doa ini, akan mendatangkan pengabulan dariNya. Dan Tuhanmu berfirman:  “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu “(QS. Al Baqarah: 186)
5. Allah menerima amalnya
Begitu juga puasa dan seluruh amal kita, kita ingin semuanya diterima Allah. Karenanya kita berdoa mencontoh para sahabat: Taqabbalallahu minna wa minkum. Dan karena Allah telah berjanji akan menerima doa hamba-Nya, kita yakin bahwa jika kita berdoa dengan doa ini, Allah akan mengabulkanNya dengan menerima amal kita dan amal saudara yang kita ucapkan selamat hari raya dengan kalimat ini kepadanya.
 
Makna takwa ada 4 kriteria :
1.    Al Haufi Min Dzali, bertambah takut kepada dzat yang maha agung yakni Allah SWT.
2.    Wal Amalu Bin Tarzi, selalu beramal dengan bimbingan al’quran, tidak melanggar agama, tidak melanggar syariat.
3.    Wal Qonaatu Bil Koril, Ridho & ikhlas dengan sesuatu yang seperlunya, jauhi sifat tamak & serakah serta menjadi pribadi yang syukur ridho dengan apa yang didapatkan.
4.    Istidadi Liyaumil Akhir, selalu mempersiapkan diri untuk masa perpindahan (hari kiamat).
 
Menurut para sahabat,  siapa ya Allah yang paling cerdas?
1.    Seutama-utamanya manusia yang terbaik akhlaknya
2.    Orang cerdas itu yang paling banyak mengingat mati
3.    Yang paling banyak beramal sholeh
 
Hubungan Romadhan dengan Halal Bil Halal :
Halal berasal dari bahasa arab ( halla) yang artinya mencairkan yang beku, mencari solusi dalam masalah, meluruskan benang kusut.
Halal  menurut (Islam) yakni perilaku yang haram menjadi halal dengan cara ada yang meminta maaf & memaafkan.
Inti dari halal bil halal adalah Silahturahmi setelah ba’d idul fitri untuk mengokohkan hubungan silahturahmi dengan berkumpul bersama – sama. Tidak halal seorang muslim mendiamkan/memboikot lebih dari 3 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.