Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia. Alat yang dibutuhkan untuk olahraga ini adalah raket dan shuttlecock (kok) yang berfungsi sebagai bola. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan. Lapangan bulu tangkis selalu terbagi menjadi dua yang dipisahkan oleh net dan dibatasi oleh garis-garis dengan jarak tertentu.

Dalam permainan bulu tangkis, terdapat beberapa istilah yang merujuk pada teknik pukulan tertentu. Pukulan Servis Servis adalah pukulan menerbangkan shuttlecock dengan raket ke arah kotak servis lapangan lawan yang dilakukan secara diagonal/menyilang. Pukulan ini dilakukan di awal permainan sebagai pembuka atau untuk memulai rally permainan.

Olahraga ini rutin dilakukan setiap hari jumat setiap 2 minggu sekali dalam sebulan di Lapangan Pemuda Sport Centre pada pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh Karyawan/Karyawati Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon. Olahraga ini diharapkan dapat meningkatkan refleks dan kecerdasan, mengurangi risiko diabetes, menjaga tekanan darah, dan menguatkan tulang juga menurunkan berat badan karena bermain bulu tangkis selama satu jam dapat membakar 480 kalori, lebih tinggi dibandingkan olah tubuh lainnya.