Barenlitbangda dan Dewan Riset Daerah (DRD) Kab. Semarang melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kantor Bappelitbangda Kota Cirebon pada Kamis, 24 Maret 2022. Kunjungan Kerja diterima oleh Sekretaris Bappelitbangda Kota Cirebon Drs. Yayat Sudaryat, M.Si. Dalam pemaparannya, Sekretaris Bappelitbangda Kota Cirebon didampingi oleh Ketua Tim Kelitbangan Dr. Kartono, MM menyampaikan perkenalan para pejabat di Lingkungan Bappelitbangda Kota Cirebon, Bidang Litbang serta Tim Kelitbangan. Selanjutnya pemaparan berkaitan dengan pengenalan Kota Cirebon, profil kelibangan Kota Cirebon, hasil-hasil kajian hingga prestasi dan penghargaan yang telah diraih Kota Cirebon.

Kepala Barenlitbangda Kab. Semarang, Muhamad Muslih, SE, MM turut hadir langsung bersama rombongan menyampaikan perkenalan jajaran Bappelitbangda dan DRD Kab. Semarang. Dalam pemaparannya, Kepala Barenlitbangda Kab. Semarang didampingi Ketua DRD Kab. Semarang Prof. DR. Yusriyadi, SH,MS (dari Universitas Diponegoro). Selanjutnya pemaparan profil daerah Kabupaten Semarang, dimana wilayah Kab. Semarang sangat luas hingga terdiri dari 19 Kecamtan yang sebagian besar wilayah berupa pegunungan, hingga pemaparan kegiatan kelitbangan.

Dalam acara tersebut, menghadirkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon dimana hadir langsung Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Tomy Iplaludin, S.Pd, MM beserta jajarannya. Beliau menjelaskan bahwa Kebudayaan Kota Cirebon sangatlah menarik, terutama peninggalan-peninggalan cagar budaya yang dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar Kota Cirebon. Kota Cirebon memiliki 4 Keraton (Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan, Keraton Kaprabonan), dimana belum tentu dimiliki oleh daerah lain. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dan potensi wisata di Kota Cirebon dan Jawa Barat.

Di akhir kunjungan kerja tersebut, baik Bappelitbangda Kota Cirebon, Tim Kelitbangan Kota Cirebon, Barenlitbangda Kab. Semarang, DRD Kab. Semarang perlu saling mendukung dan berkolaborasi baik dalam kegiatan kedinasan, penelitian dan pengembangan (kelitbangan) hingga kegiatan wisata kuliner, adat budaya, dan kesenian daerah. Selanjutnya acara foto bersama seluruh peserta acara kunjungan kerja.