Pada Hari Selasa, tanggal 22 Februari 2022 Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kota Cirebon telah menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Tahun Perencanaan 2023. Forum Perangkat Daerah merupakan perwujudan amanah yang terdapat dalam Permendagri No 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Kondisi PPKM Level di Kota Cirebon, menyebabkan Forum Perangkat Daerah dilakukan secara hybrid. Perangkat Daerah, Kecamatan, dan Lintas Sektoral dilakukan secara online sedangkan internal Bappelitbangda secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jumlah kehadiran peserta forum adalah 77 peserta secara online dan 20 peserta secara offline.

Forum Perangkat Daerah BAPPELITBANGDA Tahun Perencanaan 2023 dibuka langsung oleh Kepala BAPPELITBANGDA, Bapak Iing Daiman, S.IP, M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa beberapa tujuan forum perangkat daerah adalah untuk mempertajam indikator program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah. Selain itu untuk  menselaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam capaian indikator dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, prioritas, dan fokus pembangunan daerah sesuai perangkat daerah.

Selanjutnya disampaikan pula presentasi Rancangan Awal Rencana Kerja BAPPELITBANGDA Tahun 2023 oleh Sekretaris BAPPELITBANGDA, Drs. Yayat Sudaryat, M.Si. dalam paparannya disampaikan bahwa untuk mencapai keberhasilan capaian indikator sasaran maka diperlukan kerjasama yang sinergis oleh seluruh perangkat daerah dari mulai tahap perencanaan sampai dengan tahap pelaksanaannya. Untuk tahun perencanaan 2023, BAPPELITBANGDA akan merencanakan dalam Rancangan Awal Renja sebanyak 4 Program, 18 Kegiatan dan 67 sub Kegiatan.

Forum dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh Kepala Bidang PPED, Ibu Herlina, AKS. Kemudian sidang diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Forum yang diwakili oleh Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Kesambi, Badan Pusat Statistik, dan unsur Perguruan Tinggi diwakili Universitas Gunung Jati.

Diakhir acara, Kepala BAPPELITBANGDA mengucapkan terima kasih atas peran serta aktif peserta, dan berharap hasil forum ini akan menyempurnakan Rancangan Rencana Kerja Bappelitbangda Tahun Perencanaan 2023. (rohgunanto harum, 2022)