Sekretaris Bappelitbangda Kota Cirebon bersama Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan dan jajaran Kasubid dan Fungsional Peneliti BAPPELITBANGDA Kota Cirebon menerima kunjungan kerja dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Deputi Pengembangan BUMD, Riset dan Inovasi Daerah, kamis (23/12/2021) di Ruang Rapat BAPPELITBANGDA. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mendapat informasi mengenai : (1) Capain Program Kerja Badan; (2) Informasi berkaitan dengan Riset dan Inovasi Daerah di Kota Cirebon; (3) Kendala yang dihadapi dalam Riset dan Inovasi Daerah; (4) SDM Kelembagaan; dan (5) Diskusi seputar Riset dan Inovasi Daerah. Sebelumnya, Jajaran dari Kemenko telah melakukan kegiatan kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Kabupaten Cilacap, dan selanjutnya di Kota Cirebon.


Sekretaris Bappelitbangda Kota Cirebon lebih lanjut menyampaikan, Pasca diberlakukannya Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Cirebon dan Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 35 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon, maka perubahan kelembagaan terjadi di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cirebon.
Berdasarkan Peraturan Daerah tersebut, bergabungnya 2 (dua) Bidang Litbang sebelumnya yaitu Bidang Litbang Pemerintahan dan Kemasyarakatan (Litbang PK) dan Bidang Litbang Perkotaan dan Inovasi Daerah (Litbang PID), pada akhirnya menjadi hanya 1 (satu) bidang yaitu Bidang Penelitian dan Pengembangan.
Adapun Sub Bidang pada Bidang Litbang Bappelitbangda Kota Cirebon pasca kelembagaan baru Tahun 2021 terdiri dari : (1) Sub Bidang Pemerintahan dan Sosial; (2) Sub Bidang Ekonomi dan Pembangunan; dan (3) Sub Bidang Inovasi dan Teknologi. Selain itu Bidang Litbang terdapat Fungsional Peneliti.


Realisasi kegiatan penelitian dan pengembangan pada kurun waktu tahun 2017-2021 didasarkan pada Rencana Induk Kelitbangan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2018-2023, kebutuhan kajian dari perangkat daerah, maupun isu-isu terkini di Kota Cirebon. Hasil riset dan inovasi maupun kajian diharapkan dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Cirebon.
Salah satu hasil kegiatan yang menjadi perhatian dari Kemenko adalah Kajian tentang Digital Heritage di Kota Cirebon, serta Jurnal Ilmiah Kota Cirebon pada Bappelitbangda Kota Cirebon yaitu Jurnal Dinamika Pembangunan. Berkaitan dengan hasil Kajian Digital Heritage, Kemenko menyarankan untuk dapat dilanjutkan, diimplementasikan, bahkan dikerjasamakan dengan Kementerian Maritim dan Investasi maupun Kemenparekraf dalam pengembangan di masa mendatang.
Inovasi di Kota Cirebon merupakan bentuk reformasi birokrasi di Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang dikelola oleh Perangkat Daerah Teknis. Adapun aplikasi Unggulan pada Pemerintah Daerah Kota Cirebon tersebut meliputi Aplikasi Unggulan untuk Tata Kelola Pemerintahan Daerah, dan Aplikasi Unggulan untuk Pelayanan Publik.