Bertempat di Ruang Gotrasawala BPPPPD Kota Cirebon selama dua hari, Kamis dan Jumat (27-28/06/2021), BPPPPD Kota Cirebon bekerja sama dengan Tim Teknis KEMD BAPPEDA Jawa Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kerangka Ekonomi Makro Daerah. Bimtek KEMD diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam bidang perencanaan khususnya dalam hal Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro. Indikator makro seperti angka pertumbuhan ekonomi, laju inflasi termasuk pertumbuhan sektoral yang ditetapkan oleh daerah, seringkali masih mengalami deviasi yang cukup besar dengan indikator makro nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Deviasi tersebut disebabkan antara lain oleh adanya missing link metodologi penyusunan antara pusat dan daerah. Dengan adanya Bimtek KEMD ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dokumen perencanaan pembangunan daerah, sehingga antara Pusat dan Daerah memiliki framework yang sama dalam perhitungan Kerangka Ekonomi Makro.

Dalam sambutannya, Kepala BPPPPD Kota Cirebon menyampaikan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN di bidang perencana sekaligus menyamakan persepsi untuk mengetahui arah yang akan menjadi kebijakan, sasaran serta prioritas pembangunan dan juga penguatan sinergi kerangka ekonomi makro antara Pusat dengan Provinsi maupun Pemerintah Kota. Selain itu, Kepala BPPPPD Kota Cirebon juga menekankan bahwa target-target ekonomi harus mampu dirumuskan secara realistis sesuai dengan karakteristik maupun potensi yang ada di Kota Cirebon dengan didukung data-data yang lengkap dan juga komitmen dari stakeholder terkait. Data realisasi berangkat dari SKPD teknis, sedangkan data PDRB berasal dari BPS. Nantinya kedua data tersebut bisa menjadi acuan bagi BPPPPD Kota Cirebon untuk merumuskan target pertumbuhan ekonomi secara real dan tentunya tepat sasaran. Bahkan data tersebut nantinya bisa berjenjang dari daerah hingga tingkat nasional sehingga pertumbuhan ekonomi Nasional dapat sesuai dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, potensi hingga kendala yang dihadapi tiap-tiap daerah.

Hadir selaku narasumber Kepala Tim Advisory & Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sudono, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Cirebon Joni Kasmori,S.ST. SE,ME, dan Tim Teknis KEMD Bappeda Jawa Barat Dr Sribagjawati Suparman,S.Si,MT, Widhi Depi Saputro, S.Kom M,Si, Mohammad Harris, S.T, dan Helmi Makarim, SE. Sedangkan peserta bimtek berjumlah 20 orang yang berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Inspektorat Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Badan Keuangan Daerah, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik.

Diharapkan bimtek ini mampu menjadi penguatan kerangka ekonomi makro daerah untuk mendukung peningkatan kualitas dokumen perencanaan pembangunan daerah dan sinergi kebijakan kerangka ekonomi makro secara berjenjang.

Adapun Bahan paparan dapat diunduh :

  1. Arah dan Kebijakan serta Isu Strategis Prov JABAR Studi Kota Cirebon unduh
  2. Sosialisasi Kerangka Ekonomi Makro Kabupaten Kuningan unduh
  3. Kondisi Makro Ekonomi Jawa Barat unduh