Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April untuk mengingat perjuangan pahlawan Perempuan di Indonesia Kartini atau yang juga sering dikenal dengan R.A. Kartini merupakan seorang pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia, khususnya kaum pribumi. Lahir dari keluarga kaya raya di Jepara 21 April 1879. Kartini merupakan putri dari bangsawan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang juga menjabat sebagai seorang bupati di Jepara pada masa itu.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April 2021 para Karyawati BPPPPD menggunakan kebaya sebagai wujud Apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada R.A Kartini yang telah memperjuangkan hak-hak wanita pada zamannya.

” Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan Biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang ” _ R.A Kartini_

” Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkannya adalah sikapmu sendiri ” _ R.A Kartini_

Semoga semangat perjuangan R.A Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia dapat dipresentasikan oleh wanita indonesia saat ini dalam setiap cita-cita. Teruslah menginspirasi lewat karya juga memberi kontribusi untuk Masyarakat. Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, kalian luar biasa.