Kegiatan menyerupai senam sudah dilakukan sejak zaman Yunani kuno, Cina kuno, Mesir kuno dan India kuno. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesehatan tubuh.

Perkembangan senam pada zaman kuno berkaitan erat dengan perkembangan pendidikan jasmani dan pendidikan umum. Para filsafat percaya, tingkat kebugaran jasmani masyarakat berpengaruh pada tingkat pendidikannya. Penurunan tingkat pendidikan umum memaksa para pendidik mengarahkan perhatian pada faktor peningkatan kesegaran jasmani. Untuk itu, para ahli filsafat dan pemimpin masyarakat berupaya memasukkan senam dan pendidikan jasmani ke dalam kurikulum sekolah. Di era modern, senam dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan dalam berbagai tingkatan. Mulai dari perkumpulan senam lokal, sekolah, universitas, hingga kompetisi nasional bahkan internasional.

Jumat, 5 Maret 2021 bertempat di halaman kantor BP4D dilaksanakan pula kegiatan Senam rutin yang tetap dilakukan dengan panduan protocol kesehatan. Animo dari karyawan BP4D sangat baik karena menurut mereka, dengan dilaksanakannya kegiatan senam daya tahan tubuh mereka akan meningkat kembali. Dimana sebelumnya, karyawan BP4D telah divaksin Covid-19 [ https://bappeda.cirebonkota.go.id/?p=3755 ]

Kegiatan senam ini dilakukan dimulai pukul 07.00 sampai dengan 09.00 WIB, dengan instruktur yang telah berpengalaman yaitu Mr. Syarip. Alunan musik yang mengiringi senam kali ini membuat badan ingin terus mengikuti gerakan instruktur tanpa henti. Lagu yang sedang viral di aplikasi Tik Tok yang dipopulerkan akun “Chikakiku” dipilih Mr. Syarip untuk mengiringi gerakan inti dari senamnya.

Lagu berjudul Tanpa Batas Waktu milik Ade Govinda dipilih Mr. Syarip untuk gerakan pendinginan, membuat suasana yang saat itu lumayan terik menjadi “adem”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan besar eh bersama maksudnya, yaitu “BOTRAM”.

Botram adalah istilah kata sunda yang merujuk pada tradisi makan bersama. Acara makan ini biasa dilakukan bersama-sama di sembarang tempat, bisa di kebun, sawah, pelataran rumah atau di tempat lain dengan tujuan kebersamaan dan mengikat tali persaudaraan.

Botram biasanya di tempat terbuka sambil lesehan beralaskan tikar atau rumput atau bahkan sambil cingogo. Hal yang utama, peserta botram membawa lauk-pauknya dari rumah masing-masing. Sehingga di antara peserta botram saling bertukar makanan.

Karyawan BP4D yang semula terlihat sedikit letih karena telah melaksanakan senam kembali bersemangat. Dengan menu Nasi Liwet khas Catering Bu Udin, karyawan BP4D terlihat lahap menikmati menu yang disediakan oleh panitia.

Semoga kebersamaan karyawan BP4D dalam kegiatan senam dan botram kali ini dapat mengawali tahun 2021 dengan tetap bersemangat walaupun masih dalam masa pandemi covid-19.