Acara di buka langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BPPPPD) Kota Cirebon.

Pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 terkait kemiskinan yang dilaksanakan secara makro dimana pendataan tersebut menggunakan :

1. Metodoloi (Konsep, Pendekatan dan didasarkan pada Garis Kemiskinan makanan 2100 kkal perkapita perhari) dan Non Makanan

2. Sampel diambil dari Susenas

3. Data menunjukkan Jumlah Penduduk Miskin di setiap Daerah berdasarkan Estimasi

Berkaitan dengan Kemiskinan Mikro adalah Sejarah Basis Data Terpadu (BDT) yaitu Pendataan Sosial Ekonomi (PSE), Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS), Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT). Perlu adanya Dinamic Updating Data karena belum adanya sistem Pendataan yang sempurna, selalu ada Inclusion Eror yang terjadi karena prang yang tidak berhak menerima manfaat tapi masuk database sebagai penerima manfaat dan Exclusion yang terjadi karena orang yang berhak menerima manfaat tidak masuk di database sebagai penerima manfaat, Data kemiskinan bersifat dinamis, dan perlu adanya Updating Data Kemiskinan.

Penduduk Miskin di kota cirebon sampai bulan maret 2019 adalah 8.41 %

Garis Kemiskinan Makanan adalah Setara dengan pemenuhan kebutuhan kalori 2100 kkal perkapita perhari sedangkan Garis Kemiskinan bukan makanan adalah kebutuhan minimum untuk perumahan, sandang, pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah Kota Cirebon di lima tahun terakhir berhasil menurunkan Tingkat Kemsikinan. Salah satu faktor pendorong Penurunan tingkat kemiskinan yakni Inflasi yang terjaga dan Sumber Pertumbuhan Ekonomi. ( Badan Pusat Statistik Kota Cirebon)

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon menyampaikan bahwa rencana Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan Tahun 2020, adanya Launching Alikasi di Pandu SOBAT, Pengecekan NIK, Perlu adanya Tenaga Operator di Tingkat Kelurahan terkait dengan Aplikasi SIKNG, dan perlu dibentuknya tim kecil (IING TARIM, SE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.