Dalam rangka memperingati Hari Jadi Cirebon yang ke-650, Pemerintah Kota Cirebon menyelenggarakan Cirebon Festival 2019 atau disingkat dengan Cifest. Cifest ini menggabungkan unsur Hiburan, Pameran dan Kebudayaan.

           Dalam meramaikan Cifest ini, keluarga besar Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Cirebon (BPPPPD) turut memeriahkan acara Cirebon Festival dengan membuka stand BPPPPD di Stadion Madya Bima II Cirebon, dengan mengerahkan beberapa personil secara bergantian selama 1 minggu. Dimulai dari tanggal 30 Agustus 2019 s/d tanggal 06 September 2019, pada pukul 15.00 s/d 22.00 WIB. Tujuan dari adanya stand BPPPPD adalah agar masyarakat bisa lebih mengenal BPPPPD.

           Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Cirebon mempunyai tugas pokok membantu Wali Kota melaksanakan unsur penunjang urusan pemerintahan di bidang Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Cirebon. Seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 06 Tahun 2016 tentang kedudukan struktur organisasi, tugas dan Fungsi serta tata kerja BPPPPD.

Fokus/tema Pembangunan daerah Kota Cirebon diantaranya :

  1. Tahun 2019 : Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Daerah melalui Sinergitas Perencanaan yang akurat dan Akuntabel dalam menunjang Peningkatan Pelayanan Publik.
  2. Tahun 2020 : Akselerasi Pembangunan dalam rangka mewujudkan Kota Cirebon sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Dan Sejarah.
  3. Tahun 2021 : Penguatan Kolaborasi untuk Akselerasi mewujudkan Kota Cirebon sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Dan Sejarah.
  4. Tahun 2022 : Penguatan Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka Akselerasi mewujudkan Kota Cirebon Kreatif Berbasis Budaya Dan Sejarah.
  5. Tahun 2023 : Pemantapan Pembangunan Manusia, Budaya dan Lingkungan untuk mewujudkan Kota Cirebon Kreatif Berbasis Budaya Dan Sejarah.

Dengan adanya Stand Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Cirebon (BPPPPD) Kota Cirebon ini kami sangat mengaharapkan antusias masyarakat untuk lebih mau bertanya mengenal dan mengetahui Perencanaan Pembangunan di kota Cirebon ini akan seperti apa ke depannya. Kamipun membuka kesempatan untuk yang ingin bertanya tentang apapun mengenai BPPPPD. Di Cifest inipun kami sudah menyiapkan Pohon harapan dengan tujuan agar masyarakat bisa menyalurkan keinginan/cita-citanya untuk kota cirebon tercinta ini agar lebih baik ke depannya. Tak lupa kamipun menyediakan beberapa souvenir untuk yang mau ikut berpartisipasi mengunjungi Stand kita.

Berikut harapan-harapan para pengunjung yang digantungkan pada POHON HARAPAN untuk Cirebon agar lebih baik :

  • Cirebon ke depan harus lebih baik dalam penataan kota dan mencerminkan kota walinya;
  • Ciebon tidak macet, ditata kotanya supaya lebih nyaman lagi, khususnya sampah;
  • Cirebon Bersih, Aman, Damai & lingkungan perlu di tanami penghijauan agar tidak kumuh;
  • Semoga Cirebon semakin Maju, Indah & berkembang untuk Pariwisata;
  • Kota Cirebon menjadi kota dengan Perencanaan Terpadu/Terintegasi Yang Baik;
  • Peningkatan & Penelitian di berbagai sektor untuk lebih baiknya dalam pelayanan masyarakat;
  • Semoga kota Cirebon sering mendapat penghargaan adipura;
  • Cirebon semakin sejahtera rakyatnya;
  • Kota Cirebon bersih lingkungan dan bersih dari PKL;
  • Semoga pendapatan daerah miskin naik;
  • Cirebon terbebas dari radikalisme;
  • Adanya alat Olahraga gratis di alun-alun baru biar warga Cirebon sehat;
  • Semoga kota Cirebon akan lebih banyak Universitas Negeri;
  • Cirebon memiliki transportasi massa yang aman & layak;
  • Semoga Cirebon dapat menjadi IBU KOTA JAWA BARAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.