Workshop yang digelar oleh Badan Kerjasama Antardaerah BKAD pada hari Selasa tanggal 26 Februari 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Gotrasawala BPPPPD Kota Cirebon bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi terhadap isu-isu dan permasalahan terkait kerja sama di wilayah KUNCI BERSAMA.

Rapat ini dibuka oleh bapak Dadan Sumandar,SE selaku moderator kermudian diteruskan kepada Drs. H Maman Suparman, selaku Sekretaris BKAD.

Adapun hal hal yang dibahas mengenai :

  1. Masterplan Kerja Sama Pembangunan Kawasan Perbatasan di Wilayah Kunci Bersama (Kuningan, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar, Majalengka & Pangandaran).
  2. Merumuskan sebuah konsep bagaimana pembangunan jangka panjang ini ada potensi yang diberikan kepada daerah. Konsep Pembangunan Jangka Panjang tiap daerah, baik 25 tahun ke depan maupun lima tahunan.
  3. Memudahkan Kabupaten/Kota dalam Kunci Bersama untuk rencana pembangunan.

Misalnya saja pada pembangunan jembatan yang menghubungkan Kuningan dan Majalengka.

Menurut Kepala BPPPPD Kota Cirebon bapak Mohammad Arif Kurniawan, ST :

  1. Workshop kali ini berkaitan dengan masterplan perbatasan. Setiap masing-masing kabupaten/kota sebenarnya punya, tetapi bagaimana dengan isu-isu strategis yang sekarang baru muncul diantisipasi lewat masterplan.
  2. Kegiatan ini mengekspose dengan apa yang sudah didapat atau diperoleh tim konsultan dari PT. LAPI ITB.
  3. Air Bersih dan Sampah menjadi persoalan untuk era sekarang. Jadi masterplan ini ada penjelaasan seperti apa kab/kota di 25 tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.