Wakil Walikota Cirebon dalam sambutanya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jaja Sulaeman, berharap seminar ini dapat menjadi inspirasi dan dorongan semangat bagi pemerintah Kota Cirebon, serta masyarakat luas untuk terus bersama-sama berproses kreatif menggali dan mengolah pontensi di wilayah Kota Cirebon. Sehingga bermafaat bagi upaya-upaya meningkatkan kemakmuran dan menyejaterahkan masyarakat.

Alexander Soetjipto, Presiden St.Louis-Bogor Sister Cities yang juga penggagas inisiatif Pemda Berkarya INV mengatakan bahwa Kota Cirebon memiliki potensi yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai kota internasional. Alexander yang juga merupakan salah satu aktivis di St.Louis Center For Internasional Relations, Missouri, Amerika Serikat, juga menyampaikan pengalamannya membantu Kota St.Louis dalam kegiatan yang menyangkut hubungan secara internasional.

“Untuk itu kami menyarankan untuk segera dibentuk komite hubungan internasional Kota Cirebon,” jelas Alex.

Galih Permata yang merupakan pengagas Sister Cities (kota kembar) antara Kota Cirebon dengan Austin salah satu kota di Texas, Amerika Serikat mengutarakan bahwa pembentukan komite hubungan internasional membutuhkan banyak pihak untuk diajak berkerjasama. “Termasuk dari pemerintah Indonesia dan Amerika Serikatnya itu sendiri,” papar Galih. (Kir Raharjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.