Silaturahmi Menjelang Bulan Suci Ramadhan

Silaturahmi Menjelang Bulan Suci Ramadhan dihadiri oleh Seluruh Pegawai BPPPPD Kota Cirebon pada hari Kamis, 02 Mei 2019 pada Pukul 08.30 WIB di Ruang Rapat Gotra Sawala. Silaturahmi ini dipimpin oleh Kepala & Sekretaris BPPPPD, dengan mengundang Ustad Drs. HM. Utsmani Hs, MH.I sebagai Penceramah.

Tak lama lagi kita semua akan kedatangan Bulan suci Ramadhan. Maka sudah sepatutnya kita melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Ibarat sosok tamu yang agung, kedatangan bulan Ramadhan mesti disambut dengan perasaan Gembira dan Suka Cita oleh umat islam.

5 Hal Menyambut Bulan Suci Ramadhan

  • Perasaan senang, rindu, bahagia & suka cita maka allah lindungi dari api neraka.
  • Harus Istibra wa Istighfar (Meminta Maaf & Memohon Ampun)
  • Siapkan Ilmu Ramadhan

     Hal yang membatalkan Puasa (Bohong, Ghibah,/Fitnah, Adu Orang, Mengatasnamakan Allah, Memandangi dengan Syahwat)

  • Niat dalam Hati bahwa ini adalah Ramadhan Terbaik
  • Berdo’alah agar bisa dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan.

Terlebih lagi, bulan Ramadhan adalah bulan ibadah. Tentu kita menginginkan suasana ibadah yang nyaman dan khusyuk dalam sholat lima waktu dan tarawih. Allah Berfirman “ Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya.” ( Al-Mukminun 1-2).

     Demikianlah diantara berbagai persiapan yang dapat kita lakukan dalam rangka menyambut kedatangan bulan yang agung dan mulia. Raihlah berbagai keutamaan yang dibawa oleh ramadhan dengan memperbanyak melakukan berbagai amal shalih dan ibadah secara optimal. Semoga kita sukses dalam ujian ibadah di bulan Ramadhan ini dan meraih berbagai keutamaan. Aamiin.

Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.Istilah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Cirebon 2018-2023

Unduh dokumen Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.Istilah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon Tahun 2018-2023, sebagai berikut :

  1. RANWAL~1.PDF.part01
  2. RANWAL~1.PDF.part02
  3. RANWAL~1.PDF.part03
  4. RANWAL~1.PDF.part04
  5. RANWAL~1.PDF.part05
  6. RANWAL~1.PDF.part06
  7. RANWAL~1.PDF.part07
  8. RANWAL~1.PDF.part08

Rancangan Awal RKPD Tahun 2020

Unduh dokumen Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, sebagai berikut :

 

Kunci Bersama

Workshop yang digelar oleh Badan Kerjasama Antardaerah BKAD pada hari Selasa tanggal 26 Februari 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Gotrasawala BPPPPD Kota Cirebon bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi terhadap isu-isu dan permasalahan terkait kerja sama di wilayah KUNCI BERSAMA.

Rapat ini dibuka oleh bapak Dadan Sumandar,SE selaku moderator kermudian diteruskan kepada Drs. H Maman Suparman, selaku Sekretaris BKAD.

Adapun hal hal yang dibahas mengenai :

  1. Masterplan Kerja Sama Pembangunan Kawasan Perbatasan di Wilayah Kunci Bersama (Kuningan, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar, Majalengka & Pangandaran).
  2. Merumuskan sebuah konsep bagaimana pembangunan jangka panjang ini ada potensi yang diberikan kepada daerah. Konsep Pembangunan Jangka Panjang tiap daerah, baik 25 tahun ke depan maupun lima tahunan.
  3. Memudahkan Kabupaten/Kota dalam Kunci Bersama untuk rencana pembangunan.

Misalnya saja pada pembangunan jembatan yang menghubungkan Kuningan dan Majalengka.

Menurut Kepala BPPPPD Kota Cirebon bapak Mohammad Arif Kurniawan, ST :

  1. Workshop kali ini berkaitan dengan masterplan perbatasan. Setiap masing-masing kabupaten/kota sebenarnya punya, tetapi bagaimana dengan isu-isu strategis yang sekarang baru muncul diantisipasi lewat masterplan.
  2. Kegiatan ini mengekspose dengan apa yang sudah didapat atau diperoleh tim konsultan dari PT. LAPI ITB.
  3. Air Bersih dan Sampah menjadi persoalan untuk era sekarang. Jadi masterplan ini ada penjelaasan seperti apa kab/kota di 25 tahun mendatang.