Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.Istilah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Cirebon 2018-2023

Unduh dokumen Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.Istilah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon Tahun 2018-2023, sebagai berikut :

  1. RANWAL~1.PDF.part01
  2. RANWAL~1.PDF.part02
  3. RANWAL~1.PDF.part03
  4. RANWAL~1.PDF.part04
  5. RANWAL~1.PDF.part05
  6. RANWAL~1.PDF.part06
  7. RANWAL~1.PDF.part07
  8. RANWAL~1.PDF.part08

Rancangan Awal RKPD Tahun 2020

Unduh dokumen Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, sebagai berikut :

 

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Cirebon

Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis SH membuka acara Forum Konsultasi Publik terkait Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon 2019-2023 pada hari Rabu, 16 Januari 2019 pukul 08.00 WIB di Ruang Rapat Gotra Sawala BPPPPD Kota Cirebon.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sambutan Wali Kota Cirebon:

Visi pembangunan Kota Cirebon lima tahun ke depan yaitu Sehati Kita Wujudkan Kota Cirebon sebagai Kota Kreatif berbasis budaya dan sejarah.

Dengan mengedepankan budaya khas dan sejarah Kota Cirebon, selanjutnya dikemas menjadi Kota Kreatif. Visi tersebut menggambarkan masyarakat Kota Cirebon memiliki kreativitas dalam mencapai kesejahteraannya.

  1. Kepala Perangkat Daerah diharapkan untuk menjabarkan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah.
  2. Untuk mengisi pembangunan lima tahun ke depan sebagai pemangku dan pelaksana kepentingan untuk mulai berani menuangkan pikiran ke dalam tulisan dalam bentuk perencanaan sebelum Orientasi pekerjaan bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban.
  3. Semua aspek pembangunan harus terencana dan Rencana Kerja harus mencerminkan inovasi tidak hanya mengulang dari tahun-tahun sebelumnya. Peran BPPPPD harus dimanfaatkan secara optimal bagi Perangkat Daerah lainnya untuk melakukan konsultasi terkait perencanaan dan arah kebijakan 5 tahun ke depan.
  4. Pembangunan tidak akan berjalan dengan baik jika hanya dilakukan oleh
  5. Harapannya Musrenbang nantinya tidak hanya diikutii pemerintahan, seluruh unsure pimpinan daerah tergabung dalam Forkominda harus dilibatkan, karena hakekatnya hasil musyawarah merupkan cerminan dari Kepercayaan masyarkat harus dibangun melalui pelibatan Forkominda.

 Paparan Kepala BPPPPD Kota Cirebon:

Pada Forum Konsultasi Publik RPJMD ini kami mengundang lebih dari seratus peserta yang terdiri dari kepala perangkat daerah dan beberapa komunitas dengan harapan dapat memberikan masukan untuk pembangunan lima tahun kedepan. Pada kegiatan ini nanti dibentuk menjadi tiga kelompok yang terdiri dari kelompok 1 membahas Misi I, kelompok 2 membahas Misi II dan kelompok 3 membahas Misi III dan IV.

Tujuan konsultasi publik untuk masukan menyempurnakan Rancangan Awal RPJMD Kota Cirebon, saran dan masukan dituangkan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur perwakilan peserta yang hadir.

Perangkat Daerah diharapkan untuk menyelesaikan Rencana Kerja 2020 dan disesuaikan dengan Rancangan Awal RPJMD. Perubahan-perubahan yang merupakan inovasi, perbaikan, kekurangan tahun sebelumnya harap dituangkan dalam Renja 2020. Karena dokumen RPJMD ini prosesnya berjalan hingga pertengahan tahun, harapannya perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja 2020 untuk memperhatikan RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah.

Lima tahun kedepan Kota Kreatif menjadi prioritas pembangunan. Kota Kreatif sendiri diartikan sebagai kota yang menciptakan lingkungan yang mendukung orang untuk memikirkan, merencanakan, dan bertindak dengan imajinasi dalam memanfaatkan kesempatan dan masalah kota dengan mengubah kesempatan menjadi pemecahan.

 

Adapun gambaran kondisi eksisting Kota Cirebon untuk Laju pertumbuhan penduduk masih dibawah 1%, namun penduduk komuter hampir 2 – 3 kali lipat dengan 30.000 kendaran tiap hari masuk kota Cirebon hal ini menjadi potensi peningkatan PAD dan hal daya tarik Kota Cirebon. Pertumbuhan ekonomi berada di atas rata-rata provinsi jawa barat dan nasional. Begitu pula dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran, tingkat kemiskinan mengalami penurunan begitupun dengan penangguran. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Gambaran keuangan daerah belanja lebih besar dari pendapatan mengalami defisit, namun dibantu dari komponen pembiayaan, penerimaan dari komponen lainnya. Visi Misi, ada perbaikan menyesuaikan dengan tupoksi pemerintah daerah berkaitan dengan keamanan menjadi ketentraman. Karena tupoksi keamanan dimiliki oleh polres.

Perangkat daerah dalam menentukan indikator harus jelas, jika persen pembagi dan pembilangnya, jika poin harus jelas rumus. Prinsipnya defnisi operasional tiap indicator harus jelas. Agar dalam penyusunan LAKIP akan lebih mudah. Tema pembangunan daerah tahun 2018-2023 berfokus pada akselerasi pembangunan.

Struktur RPJMD terdiri dari visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan program pembangunan kegiatan pembangunan. Indikator Kinerja Kepala Daerah terdiri dari 7 indikator dan 50 indikator. Indikator program pembangunan menjadi IKU kepala perangkat daerah sebanyak 352 indikator dan Indikator kegiatan 1832 menjadi IKU kepala sub-bidang. Melalui konsultasi publik ini harapannya penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Cirebon 2018-2023 merupakan hasil kesepakatan seluruh unsur pemangku kepentingan di Kota Cirebon.