Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi

Rapat dibuka oleh Bapak Kepala BPPPPD Kota Cirebon didampingi DR. Ir. Drajat Murtianto sebagai pemberi materi Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi tahun 2020

Pemberian materi Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi :

RADPG adalah dokumen perencanaan yang berisi tentang analisis situasi, rumusan masalah dan kegiatan (action/aksi) lintas sector dalam bidang ketahanan pangan dan Gizi yang disusun untk memberikan panduan dan arahan serta acuan bagi institusi pemerintah, rganisasi non pemerintah, institusi masyarakat dan pelaku lain baik pada tataran propinsi maupun kota untuk berperan serta meningkatkan kontribusi yang optimal dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi di wilayahnya.

Tujuan :

  • Meningkatkan pemahaman seluruh pemangku kepentingan tentang masalah dan tantangan ketahanan pangan dan gizi yang dihadapi da potensi penyelesaiannya.
  • Meningkatkan partisipasi pemangku analisis data yang akurat dan merumuskan kegiatan aksi prioritas intervensi yang relevan dan efektif.
  • Meningkatkan Koordinasi dan Sinergi lintas sektor dalam pembangunan ketahanan pangan dan gizi secara terpadu.

Manfaatnya

  • Tersedianya panduan dan arahan bagi para pemangku kepentingan baik di institusi pemerintah maupun non pemerintah/ masyarakat dalam penanganan dan penguatan masalah ketahanan pangan dan gizi melalui aksi/kegiatan yang nyata yang relevan dan efektif.
  • Tersedianya acuan bagi pemangku kepentingan yang berwenang untuk melakukan evaluasi efektifitas kegiatan lintas sektor dengan menggunakan indikator yang tersedia.
  • Tersedianya acuan bagi pimpinan daerah dalam melaksanakan koordinasi dan sinersi lintas sektor dalam pembangunan ketahanan pangan dan gizi secara terpadu.

Rancangan RADPG Kota Cirebon :

  • Kata pengantar
  • Pendahuluan (latar belakang, Tujuan, dasar hukum penyusunan).
  • Peran Pangan dan Gizi dalam Pembangunan SDM Berkualitas
  • Kondisi dan tantangan pembangunan pangan dan gizi Kota Cirebon

Kebutuhan Data untuk Analisis Situasi :

  • Demografi, Sosial dan Karaketrisktik Daerah Kota Cirebon
  • Matriks Rencana Aksi Pangan dan Gizi (RAD-PG) Daerah Kota Cirebon.
  • Dan beberapa data terkait seperti jumlah penduduk dan laju pertumbuhan penduduk

DalamĀ  Pembahasan Rapat disampaikan bahwa Indonesia termasuk ke dalam empat indeks kelaparan terbesar di dunia, maka dari itu rencana aksi daerah pangan dan gizi adalah penyusunan data yang dianalisis dari situasi, rumusan masalah, dan kegiatan lintas sektor dalam bidang ketahanan pangan dan gizi. Salah satu permasalahan adalah stunting. Stunting bukan hanya persoalan kekurangan pangan, namun menjadi permasalahan yang kompleks.

Tujuan akhir penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi :

  1. Mewujudkan Manusia Cirebon yang Sehat Aktif dan Berkelanjutan
  2. Meningkatkan pemahaman seluruh pemangku kepentingan tentang masalah dan tantangan ketahanan pangan dan gizi yang dihadapi dan potensi penyelesaiannya.
  3. Meningkatkan partisipasi pemangku kepentingan dalam penguatan ketahanan pangan dan gizi melalui analisis data yang akurat dan merumuskan kegiatan aksi prioritas (intervensi) yang relevan dan efektif.
  4. Meningkatkan koordinasi dan sinergi lintas sektor dalam pembangunan ketahanan pangan dan gizi secara terpadu.( Sisca Octasari, ST,M.Si)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.