Rapat dibuka oleh Bapak Arif Kurniawan selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Program pembangunan daerah Kota Cirebon sebagai perwujudan arah kebijakan pemerintah Kota Cirebon. Selanjutnya arah kebijakan dari tahun ketahun selama 5 (lima) tahun dijadikan dasar untuk penyusunan RPJMD serta dijalankan sesuai rencana per 1 (satu) tahun periode.

Penekanan focus atau tema setiap tahun selama periode RPJMD memiliki kesinambungan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Kepala Badan menyampaikan pada tahun 2020 Kajian Kelitbangan harus lebih baik, bahkan lebih baik 2-3 kegiatan tapi tajam.

Pada tahun 2020 akan merumuskan tema kegiatan kelitbangan dan pada prinsipnya keterbukaan kita sampaikan kepada bapak ibu sekalian.

Hari ini kita ke kegiatan 2020 dan untuk rencana tahun 2021.

Fokus/Tema Pembangunan Daerah Kota Cirebon Tahun 2020 “ Akselerasi Pembangunan Dalam Rangka Mewujudkan Kota Cirebon Sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya dan Sejarah ”.

Fokus Prioritas :

Peningkatan kualitas sarana dan prasarana penunjang industri pariwisata, pembangunan akses jalan yang memadai serta penyiapan SDM kepariwisataan yang berkualitas;

Pengurangan kemiskinan, pengangguran dan PMKS; Penguatan potensi ekonomi kerakyatan berbasis komoditas lokal, industri kreatif dan sentra/kluster; Penguatan SDM pelaku usaha industri dan komoditas potensial dalam pemanfaatan teknologi informasi, baik dalam proses produksi maupun pemasaran; Penyediaan dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kompetensi dan kualifikasi sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan; Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap fasilitas layanan kesehatan; Pengembangan tata pemerintahan yang baik didukung dengan kompetensi dan profesionalisme aparatur dalam pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan publik; Peningkatan sarana dan prasarana dasar perkotaan;Penataan dan pengembangan destinasi wisata berbasis budaya dan sejarah; dan Penataan kelembagaan Perangkat Daerah yang efektif dan efisien.

Rapat Koordinasi ditutup oleh Bapak Drs. Yayat Sudaryat, M.Si, selaku Sekretaris BPPPPD Kota Cirebon, sebagai kesimpulan sebagai berikut:

  1. Adanya usulan berkaitan dengan Kajian pengelolaan dan publikasi hasil penelitian menuju e-litbang dan Kajian pusat pendidikan latihan pelajar daerah (PPLD)
  2. Dari hasil diskusi peserta banyak menyoroti masalah sampah, cagar budaya, Ruang Terbuka Hijau menjadi sorotan, masalah parkir, air baku di kota cirebon.
  3. Rencana kajian kelitbangan yang akan dilaksanakan oleh BPPPPD Kota Cirebon berdasarkan tema pembangunan pada Tahun 2020 baik yang dilaksanakan oleh tim kelitbangan Kota Cirebon maupun pihak ketiga sebagai berikut:
  4. Kajian sinergitas BPPPPD dengan Perangkat Daerah Dalam Rangka Sinkronisasi Program Dan Kegiatan Dalam Mendukung Visi Misi Kota Cirebon
  5. Kajian Penyusunan Jurnal Penelitian Menuju e-litbang (Sistem Informasi Kelitbangan Berbasis Aplikasi) Di Kota Cirebon
  6. Roadmap Ekonomi Kreatif Di Kota Cirebon Menuju Cirebon Kota Kreatif Berbasis Budaya Dan Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.