Senam Aerobik ini dimulai dengan membaca Do’a bersama yang dipimpin oleh Instruktur Senam Bapak Saripudin dari Dinas Kesehatan.
Senam ini dipandu oleh instruktur senam yang berpengalaman yaitu Bapak Saripudin dari Dinas Kesehatan untuk memicu semangat pegawai BPPPPD Kota Cirebon.
Senam dilaksanakan di hari Jum’at dari pukul 07.00 s/d selesai di Halaman Parkir  Kantor BPPPPD Kota Cirebon. Senam ini diikuti seluruh Karyawan/Karyawati BPPPPD termasuk siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri.


Hal Hal Penting yang harus diingat ketika melakukan senam aerobik
 
1.         Awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan setiap melakukan latihan.
2.         Latihan peregangan diberikan hanya untuk otot tertentu saja dan  tidak untuk beberapa otot sekaligus.
3.         Hindari latihan keseimbangan karena bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada sendi sacroiliac (menghubungkan pangkal tulang belakang ke panggul)
4.         Denyut nadi harus dimonitor selama latihan dan tidak boleh melebihi 140 kali per menit.
5.         Sebaiknya latihan dengan posisi berbaring, tidak lebih dari 5 menit dan sebaiknya menggunakan alas punggung untuk menghindarkan kompresi vena cava inferior (vena yang membawa darah dari organ tubuh bagian bawah menuju jantung).
6.         Perubahan dari posisi berbaring ke berdiri harus dilakukan secara perlahan-lahan untuk menghindarkan postural hypertensi (penurunan tekanan darah secara mendadak).
7.         Sebaiknya kosongkan kandung kemih selama latihan untuk mengurangi tekanan pada dasar panggul.


Senam ini ditutup dengan membaca Do’a bersama oleh Instruktur  Senam Bapak Saripudin dari Dinas Kesehatan diharapkan agar senam yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.