Membangun Pariwisata Juara di Wilayah Cirebon Menuju Jabar Juara Lahir Batin

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPPD) Kota Cirebon menggelar seminar “Membangun Pariwisata Juara di Wilayah Cirebon Menuju Jabar Juara Lahir Batin” yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 23 November 2018 bertempat di Ruang Orchid Grage Hotel Cirebon.

Berdasarkan undang-undang pariwisata hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata adalah destinasi/atraksi, industri pariwisata, akses pariwisata, promosi pariwisata dan kelembagaan pariwisata.

Dalam sambutan PJ Walikota Cirebon (Dr.H.Dedi Taufik, M.Si) pariwisata di Kota Cirebon harus mampu berkelas dunia. Karena itu, perlu ada roadmap untuk pariwisata Kota Cirebon mendukung Jawa Barat menjadi destinasi wisata dalam lima tahun kedepan. Kota Cirebon memiliki berbagai potensi yang ditunjang infrastruktur memadai. Seperti kereta api dan bandara. PJ. Walikota Cirebon Dr. H. Dedi Taufik, M. Si meminta segenap stakeholder pariwisata Kota Cirebon untuk mengemas potensi yang ada, agar menarik kunjungan wisatawan. Termasuk berkoordinasi dengan daerah lain di wilayah III Cirebon. Sehingga, pariwisata Kota Cirebon terintegrasi dengan daerah lain seperti Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Perda 14/2012 Kota Cirebon sebagai pusat pertumbuhan perkotaan daerah aglomerasi menjadi Cirebon Metropolitan Raya (CMR) lingkupnya bukan hanya Kota Cirebon.  Bentuk kolaborasi pariwisata Kota Cirebon sebagai pusat, sedangkan daerah lainnya menjadi penyeimbang. Atraksi pariwisata Cirebon Raya harus dibuat satu siklus yang terdistribusi manfaatnya.  Dalam pembangunan harus memperhatikan aspek 5M (Man, Money, Material, Method dan Media).

Paparan dari Kepala BPPPPD Kota Cirebon (M.Arif Kurniawan, ST ) latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini adalah sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat beberapa waktu lalu berkunjung ke Kota Cirebon. Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan untuk membangun pariwisata di Kota Cirebon, harus ada yang dikembangkan, yaitu pengembangan terkait Keraton, Alun-alun, main street, shopping street dan pusat budaya. Selanjutnya seminar dilakukan untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama menjadikan pariwisata Kota Cirebon berkelas dunia. Dengan kolaborasi bersama daerah sekitar Kota Cirebon, upaya memajukan dan mengembangkan industri pariwisata di wilayah III Cirebon lebih optimal. Kepala BPPPPD Kota Cirebon (M. Arif Kurniawan,ST) mengharapkan, hasil dari seminar menjadi langkah awal pariwisata Cirebon menuju Jawa Barat juara lahir batin.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.