Akselerasi Kantin Sehat Menuju Kota Cirebon Sehat

 

Jika kitIMG_8935a bicara kesehatan lingkungan sekolah, maka kantin menjadi salah satu ruang lingkup penting hygiene dan sanitasi sekolah. Tentu kita juga paham, bahwa aspek sanitasi lain di sekolah akan banyak berbicara masalah lingkungan fisik secara umum, fasilitas sanitasi, aspek konstruksi umum  ventilasi, jarak tempat duduk siswa dan papan tulis, ergonomi, dan lainnya. Sementara pada kantin, banyak aspek kesehatan lingkungan terkait pada kantin, seperti aspek perilaku penjamah, aspek peralatan, aspek sanitasi tempat, sanitasi air bersih, dan lain-lain.

Salah satu fungsi dari kantin adalah sebagai tempat memasak atau membuat makanan dan selanjutnya dihidangkan kepada konsumen, maka kantin dapat menjadi tempat menyebarnya segala penyakit yang medianya melalui makanan dan minuman.

Untuk memfasilitasi kebutuhan Kantin yang sehat di Kota Cirebon, Bappeda sesuai fungsinya untuk mengkoordinasikan perencanaan pembangunan mengadakan lokakarya dan workshop tentang perencanaan akselerasi  kantin sekolah yang sehat di lingkungan sekolah.

Lokakarya dibuka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kota Cirebon. Dalam paparannya Drs. Yayat Supriyatna menekankan adanya pembinaan dan bimbingan yang saling bersinergi dan berkelanjutan dalam mewujudkan Kantin Sekolah yang Sehat menuju Kota Cirebon yang Sehat .

Sebagai Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Cirebon mengajak kepada seluruh peserta untuk bahu membahu menyiapkan sarana dan prasarana yang sehat, serta dinas kesehatan yang siap memfasilitasi dalam pembinaan Kantn Sekolah yang Sehat.

Harapan dan Keinginan yang disampaikan seluruh peserta untuk mewujudkan adanya kantin yang sehat disekolahnya menjadi bahan untuk dilanjutkan pada workshop Rencana Aksi Daerah menuju Kantin Sekolah Sehat dalam mewujudkan Kota Cirebon Sehat.(suy)