Senam Sehat di Pagi Hari

Senam ini dipandu oleh instruktur senam yang berpengalaman yaitu Bapak Staripudin untuk memicu semangat pegawai BPPPPD Kota Cirebon, dimulai dengan membaca Do’a bersama-sama. Senam ini diikuti oleh  Sekretaris BPPPPD &  seluruh pegawai BPPPPD  termasuk siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri.
Olahraga mirip obat yang mempunyai banyak manfaat. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga juga dipercaya sebagai sarana yang bagus untuk menggapai hidup sehat dan lebih berkualitas.
Senam Aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif, berirama cepat sesuai dengan fungsi senam aerobik itu sendiri. Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Tapi bila dilakukan secara tidak benar bisa menimbulkan cedera.
Senam Aerobik dimulai dengan pemanasan selama 10 menit, dilanjutkan dengan latihan inti selama 40 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pendinginan selama 10 menit yang diiring musik sesuai dengan iramanya.
Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh meningkat. Di samping itu, kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan di antara rekan sekerja dan merupakan suatu rekreasi yang murah.

Kunjungan Kerja DPRD SALATIGA ” PENATAAN WILAYAH PERKOTAAN STRATEGIS DALAM RANGKA MENGANTISIPASI POTENSI PERKEMBANGAN DAERAH “

Kunjungan Kerja DPRD Kota Salatiga ”Penataan Wilayah Perkotaan Strategis dalam Rangka Mengantisipasi Potensi Perkembangan Daerah pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2019 antara lain berisikan pemaparan-pemaparan dari narasumber, dengan ringkasan hasil dari pertemuan adalah sebagai berikut :

  • DPRD Kota Salatiga
  • Sebagai wilayah kota, salatiga masih terdapat wilayah perdesaan, Kota salatiga sebagai kota perekonomian, pendidikan, perkembangan dalam sisi penataan dirasa masih perlu studi lebih lanjut;
  • Wilayah hijau di salatiga masih bersifat sporadis terpetak-petak menyebar;
  • Masih banyak alih fungsi lahan, yaitu memakan lahan terbuka menjadi lahan terbangun atau semi terbangun;
  • Dalam menuju perencanaan RDTR, masih terhambat, hal tersebut terjadi karena masih ada kendala dalam RTRW nya, sehingga belum bisa masuk kedalam perencanaan RTBL yaitu tentang kawasan dalam penataan;
  • Di Salatiga masih terdapat eks tanah bengkok, sehingga dalam proses perencanaan dan pengelolaan masih terbentur dengan aset;
  • Bapak Arif Kurniawan (Kepala BPPPPD) :
  • Yang menjadi tren saat ini adalah pembangunan tol di Kota Cirebon yang menghubungan sampai dengan Jawa Tengah;
  • Dengan adanya jalan tol sekitar 30 ribu kendaraaan masuk keluar Kota Cirebon;
  • PAD Kota Cirebon meningkat hampir 50%;
  • Kewajiban RTH publik 20%, 10% Privat, saat ini Kota Cirebon seluas 11%;
  • Rencananya sempadan sungai dan pantai akan dijadikan RTH;
  • Kendala pemenuhan RTH adalah keterbatasan lahan, jika dipenuhi seluas 20% maka ota Cirebon tidak akan ada pembangunan;
  • Target pemenuhan RTH tercantum dalam dokumen perencanaan RPJMD;
  • Penguatan dari sisi pengendalian, terkait dengan dinas perizinan yang tidak bisa memutuskan, baru diambil alih oleh TKPRD;
  • TKPRD Kota Cirebon sudah memiliki SK;
  • Kawasan sempadan pantai jika dilakukan reklmasi, dan masuk kedalam kewenangan pihak pelabuhan harus minta izin kepada pihak pelabuhan;
  • DPRD Kota Salatiga
  • RTH di Salatiga belum mencapai standar ideal sebesar 30%
  • Memang perlu ada upaya untuk pembebasan lahan untuk RTH dalam pemenuhan standar RTH Publik seluas 20%;

Pemeriksaan Kesehatan


Pemeriksaan Kesehatan merupakan agenda rutin pegawai BPPPPD Kota Cirebon yang dilaksanakan setiap satu kali dalam sebulan tepatnya pada hari Jum’at, 28 Juni 2019 di Ruang Rapat Saptarengga.
Pemeriksaan Kesehatan ini dilakukan setelah kegiatan senam pagi selesai.
Pemeriksaan kesehatan ini diikuti oleh seluruh pegawai BPPPPD termasuk Non PNS dan Outsoarching. Pemeriksaan kesehatan ini dibantu oleh Tenaga Medis & Paramedis dari Puskesmas Sunyaragi.
Adapun tahapan pemeriksaan yang dilakukan adalah :
1)  Mengikuti Tinggi Badan
2) Mengukur Berat Badan
3) Mengecek Tensi Darah
4) Mengukur Lingkar Pinggang
5) Mengecek Kolestrol & Asam Urat
Dengan Mengetahui Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut, Tensi Darah, Kolestrol, & Asam Urat. Maka kita bisa menjaga pola makan sehari-hari jika sekiranya Tensi Darah, Kolestrol ataupun Asam Urat kita sedang naik atau diatas Normal.

Senam Pagi

Senam ini dipandu oleh instruktur senam yang berpengalaman yaitu Ibu Kristianti untuk memicu semangat pegawai BPPPPD Kota Cirebon, dimulai dengan membaca Do’a bersama-sama. Senam ini diikuti oleh  Sekretaris BPPPPD &  seluruh pegawai BPPPPD  termasuk siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri.
Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para pegawai. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.


Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.
Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Dengan endorphin perasaan kita akan lebih rileks, dan tentunya kita pun akan lebih mudah mengontrol diri kita dari amarah sekaligus berpikir positif dengan mengutamakan kesabaran. Dapat dikatakan bahwa Zat Endorphin yaitu zat yang diproduksi oleh tubuh ketika kita merasa bahagia (tertawa).