PANCASILA DASAR PENGUATAN KARAKTER BANGSA

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian & Pengembangan Daerah (BPPPPD) Kota Cirebon menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, bertempat di halaman kantor BPPPPD Kota Cirebon . Upacara Hari Kesaktian Pancasila Lingkup BPPPPD Kota Cirebon tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 01 Oktober 2019 tepat pukul 08.00 wib, dengan Sekretaris Badan Drs. Agus Herdhyana,M.Si sebagai Inspektur Upacara .

Melalui surat Wali Kota Cirebon tersebut, seluruh instansi pemerintah, swasta, lembaga dan OPD diarahkan utk menyelenggarakan upacara di instansi-nya masing-masing. Disamping itu, Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 Tingkat Kota Cirebon dilaksanakan di Halaman Belakang Balaikota Cirebon pada pukul 08.00 wib.

Sebagai termaktub dalam ikrar yang dibaca bersama, sejak indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, telah terjadi banyak rongrongan dari dalam dan luar negeri terhadap keutuhan NKRI. Karena itu, seluruh elemen agar tidak lengah terhadap rongrongan yang ingin menumbangkan Pancasila sebagai Idiologi Negara.

Sekretaris BPPPPD menjadi Inspektur Upacara dalam hari Kesaktian Pancasila.
Pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk terus mengokohkan diri. Harus Waspada terhadap romgrongan yang ingin mengganti Pancasila.

CLEAN UP DAY

Dalam rangka memperingati Peringatan CLEAN UP DAY 2019 dirangkaikan dengan DEKLARASI CIREBON DAMAI dengan tema “ Ayo dukung gerakan bersih-bersih sampah serentak di 158 negara “ kami pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon (BPPPPD) ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sekitar gedung BAT Kota Cirebon yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2019 pukul 07.00 WIB dengan mengerahkan beberapa personil berikut peralatan kebersihannya. 
Gerakan bersih-bersih inipun merupakan upaya untuk mendukung pemerintah kota cirebon yaitu Cirebon yang Bersih, Tertib dan Hijau untuk tahun 2020 ke depannya.

Senam Aerobik BPPPPD

Senam Aerobik dilaksanakan di hari Jum’at dari pukul 07.00 s/d selesai di Halaman Parkir Kantor BPPPPD Kota Cirebon. Senam ini diikuti seluruh Pegawai PNS, Tenaga NON PNS, Tenaga Outsoarching termasuk siswa SMK yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri.
Senam Aerobik ini dimulai dengan membaca Do’a bersama yang dipimpin oleh Instruktur Senam.  Senam kali ini sedikit berbeda karena dipimpin oleh Ibu Kristianti. Melakukan senam aerobik dengan rutin selain dapat menyehatkan badan juga mampu menurunkan berat badan. Dengan melakukan beberapa latihan senam yang benar kalori di dalam tubuh akan terbakar, selain itu juga dapat meningkatkan dan mempertahankan denyut jantung yang sekaligus melatih kelompok otot-otot besar untuk tetap aktif bergerak selama latihan.
Langkah melakukan senam aerobik yaitu “
1.     Pemanasan
Pemanasan wajib dilakukan untuk menghindari cidera saat melakukan senam aerobik pemula. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, dan mempersiapkan otot-otot dan persendian untuk melakukan aktivitas yang berat.
Beberapa gerakan pemanasan yang bisa dilakukan adalah jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi. Lakukan kurang lebih selama 5-10 menit hingga tubuh siap melakukan latihan inti senam aerobik pemula.
2. Latihan Inti
Latihan inti dilakukan kurang lebih selama 25-55 menit.  Berikut ini beberapa jenis gerakan dalam senam aerobik pemula.
1.    Marching
Langkah senam aerobik pemula dimulai dengan gerakan jalan di tempat sambil mengangkat kaki kira-kira setinggi betis. Jangan lupa lutut harus ditekuk sampai 90 derajat.
2.    Jogging
Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut. Gerakan ini seperti gerakan ketika jogging namun dilakukan di tempat.
3.     Kicking
Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih.
4.    Double Step
Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan mata kaki kanan dan kiri.
5.    Grapevine
Gerakan dimulai dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.
6.    Leg Curl
Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.
7.    Heel Touch
Gerakan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan
3. Pendinginan
Setelah latihan ini, lakukan pendinginan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung mendekati normal secara bertahap. Gerakan pendinginan kurang lebih hampir sama dengan pemanasan dengan durasi 10 menit. Jangan lupa untuk melakukan peregangan guna membantu mengembalikan otot pada kondisi normal.
      Senam ini ditutup dengan membaca Do’a bersama oleh Instruktur  Senam Kesehatan diharapkan agar senam yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.